LET’S RECYCLE …

Berawal dari hoby saya merajut…,
Lalu saya melihat kondisi lingkungan di sekitar yang kini sudah terpapar dengan polusi sampah / limbah plastik di mana-mana…,
yang semakin parah merusak lingkungan, timbulah rasa keprihatinan saya terhadap banyaknya sampah plastik di lingkungan sekitar yang dibuang sembarangan, semaunya, seenaknya, dan tidak dibuang dengan semestinya.

Budaya masyarakat kita dalam membuang sampah yang sembarangan, seenaknya, yang sudah melekat, sangat tidak mudah untuk dirubah.
Masyarakat masih harus secara terus-menerus diedukasi tentang bagaimana bahaya limbah plastik yang berdampak terhadap kelestarian bumi dan terhadap kesehatan manusia.

Ini semua yang membuat saya tergerak untuk mencoba mengolah limbah plastik terutama plastik kresek yang berasal dari dapur rumah tangga untuk diolah, dibuat kerajinan dengan cara di rajut.

Sambil melatih masyarakat dengan keterampilan merajut, Saya juga berusaha mengedukasi masyarakat agar : Masyarakat dapat bijak dalam menyikapi limbah plastik kresek, mengedukasi agar masyarakat melakukan diet plastik sekali pakai menjadi berkali-kali pakai, menganjurkan masyarakat agar meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai, juga mengedukasi agar plastik tadi tidak dibakar atau dibuang ke sungai dan laut.

Tidak terasa….,
Hampir 4 tahun ini berkeliling ke 29 Pulau, 15 Propinsi, 83 Kota/Kabupaten, dan ribuan desa untukmelatih, mendampingi, bahkan membantu pemasarannya.

Semua dilakukan secara ber ‘solo karir’, alias relawan modal dengkul tanpa ada naungan ‘bendera’ manapun.

Nah..,

Sebelum kepada proses merajut, kita harus mengolah terlebih dahulu si sampah plastik kresek tadi menjadi untaian benang.

Bagaimana cara membuatnya?
monggo mampir di Youtube Chanel : Mak Ncie
https://www.youtube.com/watch?v=ysc67VOIFcc

Terimakasih….

LET’S RECYCLE …
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *