KREASI TAS KRESEK

Mulai fokus pada kegiatan merajut kresek adalah pilihan. Umumnya perajut mengggunakan bahan baku benang sebagai bahan membuat sebuah karya.

Tak sengaja sebetulnya…..

Berawal di tahun 2015 di undang untuk mengisi sebuah workshop di Kota Mataram Lombok di tengah kegiatan saya yang saat itu tengah blusukan di beberapa kota di Jawa Tengah.

Letak daerah yang berada di pelosok (kadang kaki gunung atau tepi pantai) membuat benang rajut sulit untuk didapat. Jikapun ada,  harganya tinggi dikarenakan toko yang menjual alat dan bahan baku untuk merajut sangatlah jarang.

Mulailah saya menggunakan PLASTIK KRESEK sebagai alternatif pengganti benang untuk mengajarkan tehnik merajut.

Ahamdulillah…,
sejak itu pangilan untuk mengajarkan bagaimana mengolah Plastik Kresek tak pernah berhenti.
Saya sudah seperti ‘Bu Toyib’ yang jarang pulang karena dalam satu daerah atau pulau, saya bisa tinggal berbulan-bulan.

25 Pulau dari Sabang hingga Halmahera  sudah ter’jajahi’  sejak November 2015…
(tinggal Papua yang belum didatangi)
Ratusan Desa, puluhan Kota dan Kabupaten, dan ribuan ibu-ibu serta  masyarakat dari berbagai kalangan dan lapisan terjangkiti virus merajut kresek.
Berharap suatu saat nanti bisa ke Merauke, dan mimpi Merajut Indonesia dari Sabang sampai Merauke melalui kresek  bisa terwujud.

Edukasi yang utama adalah menanamkan BERSIH dan CINTA LINGKUNGAN dengan tidak membuang plastik kresek bekas dengan memanfaatkannya dan menggolah limbah plastik kresek dari dapur masing-masing rumah untuk dijadikan barang yang mempunyai nilai jual. Juga agar limbah kresek tidak dibakar atau di ‘recycle’ kembali menjadi wadah sampah yang pada akhirnya akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan membuat problem baru di TPA.

Intinya adalah Bagaimana si plastik kresek tidak sampai ke sungai atau ke TPA.

 

Salam Kresek !!

Karya Ibuibu Suku Sasak Di LOMBOK TIMUR
KREASI TAS KRESEK
Tagged on:                         

4 thoughts on “KREASI TAS KRESEK

  • 17 December 2018 at 6:18 pm
    Permalink

    Saya bersyukur sekali bisa bertemu langsung dengan penggagas ide ini… Saya doakan teh ncie bisa semakin menginspirasi kita semua terutama ibu-ibu untuk dapat mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulang menjadi tas cantik yang bernilai ekonomi tinggi. Sehingga dapat menjadi nilai tambah penghasilan bagi ibu-ibu di Indonesia.

    Reply
    • 2 May 2019 at 9:59 pm
      Permalink

      terimakasih ….

      Reply
  • 9 March 2019 at 1:39 pm
    Permalink

    I’m all over this with this write-up, I really think this kind of website needs way more thought. We wiil most likely become again to be able to learn way more, thank you for in which information.

    Reply
    • 10 May 2019 at 11:14 pm
      Permalink

      thank you for reading my writing.
      I have to learn more about writing again

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *