FESTIVAL TRASHSTOCK 2017

Kembali Merajut Indonesia mengikuti Festival Trashstock yang kedua kalinya di Bali.

Festival yang luar biasa bagi para penggiat lingkungan untuk saling berbagi bermacam hal tentang kelestarian lingkungan.

TrashStock Festival 2017 kali ini diadakan pada 26-27 Agustus di Kulidan Kitchen & Space, Desa Guwang, Gianyar setelah setahun yang lalu diadakan di Taman Baca Kesiman Sanur Bali. Lebih jauh memang…, Namun tak menyurutkan para pengunjung untuk menikmati karya para seniman yang semuanya bertemakan sampah.

TrashStock Festival 2017 selalu menghadirkan acara edukatif dan ramah lingkungan. Para seniman mempersembahkan bentuk kesenian dan pergelaran musik yang dipadukan dengan kreativitas seperti lukisan, instalasi, fotografi, musik yang dibalut tema lingkungan.

Merajut Indonesia pun diberikan kesempatan untuk memberikan workshop merajut dari kantong plastik kresek. Beberapa siswa dari sekolah dan para pengunjung mengikuti kegiatan ini secara free.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa betapa limbah plastik itu sangat berbahaya bagi lingkungan. Serta sebagai pembelajaran bagi masyarakat bahwa plastik yang selama ini dianggap sampahpun ternyata bisa diolah kembali menjadi  barang yang mempunyai nilai jual. Tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikannya. Namun kegiatan merajut kresek ini harus di follow up kembali. Artinya Merajut Indonesia harus memberikan pelatihan dan pendampingan hingga mereka bisa menghasilkan minimal satu produk.

Bali memang unik…

Banyak hal baru  yang saya dapatkan dari pengalaman mengikuti setiap festival Trashstock di Bali.

Mulai dari bertemu dan berkenalan  dengan orang-orang hebat, bertemu seniman-seniman yang konsern dengan sampah, hingga bertemu dengan para musisi yang juga sangat peduli dengan sampah di Bali.

Luar Biasa…

 

Sayapun diberi kesempatan untuk bercerita dan share pengalaman bagaimana suka duka mengedukasi masyarakat tentang bagaimana mengolah plastik kresek di 22 pulau dalam 2 tahun belakangan ini.

Trimakasih Trashstock  👌

Trimakasih pula kepada PT Cahaya Kharisma Plasindo yang sudah mensupport saya untuk kegiatan Merajut Indonesia. PT Cahaya Kharisma Plasindo yang memproduksi plastik kresek, tidak hanya memproduksi plastik, namun turut juga memikirkan bagaimana mengolah limbah yang dihasilkannya.

Tak lupa  pula thanks to NET TV yang sudah meliput kegiatan Festival Trashstock 2017 di Bali.

Semoga visi dan misi dari festival yang turut mengkampanyekan kelestarian lingkungan ini bisa sampai ke masyarakat.

 

* Mejeng sejenak bersama crew NET TV..

Suwun mba..mas..😘

Sampai jumpa lagi di Festival Trashstock tahun depan…

Insha Allah

FESTIVAL TRASHSTOCK 2017
Tagged on:                                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *