CARA MENGGUNTING KRESEK (step by step & video tutorial)

Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dibuang oleh manusia karena hampir setiap orang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari.

Sayangnya kita banyak yang belum sadar bahwa kantong kresek mempunyai umur yang panjang yang dibutuhkan waktu ratusan tahun bagi sebuah kantong kresek untuk bisa membuatnya hancur sempurna. Pembuangan sampah-sampah plastik kedalam air dan tanah ini telah menambah tingkat kerusakan alam. Mengapa demikian?  Karena sampah plastik itu terbuat dari bahan anorganik yang  sangat sulit dan tidak mungkin diuraikan oleh bakteri pengurai.

.               Proses penguraian partikel-partikel plastik ini akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, hasil pembakaran plastik akan terurai di udara sebagai dioksin. plastik akan menghasilkan asap  beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Terutama jika pembakaran tidak sempurna. Dan Asap yang dihasilkan dari hasil pembakaran plastik akan terurai di udara sebagai dioksin. Bila terhirup, bisa memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, sampai depresi. Dan salah satu cara mengurangi limbah plastic kantong kresek ini adalah dengan cara memanfaatkannya menjadi barang-barang kerajinan.

Untuk itu saya mencoba berusaha agar bisa sedikit membantu mengurangi limbah kantong kresek yaitu dengan Merajut dan menjadikannya sesuatu yang masih bisa bermanfaat, mempunyai nilai art serta memiliki nilai ekonomis.

Mari kita manfaatkan limbah plastik kantong kresek sebagai bagian dari melindungi dan menjaga alam semesta kita dan juga turut membantu  program pemerintah dalam hal pengolahan limbah plastik khususnya kantong kresek.

Berikut ini adalah cara menggunting kantong kresek menjadi helaian benang.

Semoga bermanfaat

 

KANTONG KRESEK
Setelah dilipat menjadi 4 bagian, kantong kresek kita gunting rata bagian handel dan bagian bawahnya, agar kantong kresek menjadi rata
Setelah di gunting rata bagian atas dan bawah kresek, laluu kita buka

 

Lipat kembali atau gulung kantong kresek menjadi lipatan kecil aga muudah untuk di gunting.., sisakan kurang lebih 2 cm

 

lalu kresek kita gunting sampai ujung lipatan dengan lebar kurang lebih 2cm untuk kresek berjenis tipis. dan 1 cm untuk kresek yang berjenis agak tebal

 

 

kita gunting kresek sampai ujung seperrti pada gambar

 

setelah itu, kresek kita awali gunting dengan arah menyerong dari arah luar.

 

selanjutnya tinggal mengikuti arah potongan secara menyerong
lakukan hingga ujung potongan.

 

 

maka jadilah helaian benang dari kantong kresek

 

BERIKUT ADALAH CARA MENGGANTI WARNA BENANG KRESEK

 

 

 

 

BERIKUT JUGA CARA MEMOTONG KRESEK DEGAN CARA LAIN YANG LEBIH MUDAH

CARA MENGGUNTING KRESEK (step by step & video tutorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *